Bawaslu Kab. Buol Bentuk Saka Adhyasta

indonesiasatu, 14 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Buol - Saka Adhyasta merupakan saka terbaru representasi dari kepercayaan Bawaslu terhadap Pramuka bahwa Pramuka merupakan organsisasi yang tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik. Saka Adhyasta merupakan Saka rintisan Pertama di Indonesia yang berkonsentrasi kepada pengetahuan Pengawasan kepemiluan.

Dengan akan dibentuknya Saka Adhyasta oleh Bawaslu Kabupaten Buol, berarti Pramuka dipercaya oleh bawaslu untuk membantu menguatkan Bawaslu dari sisi pengawasan sehingga akan terealisasi dalam pemilu demokrasi yang berkualitas.

Saka Adhyasta memiliki Krida antara lain, Krida Pengawasan, Krida Pencegahan, Krida Penanganan Pelanggaran, sementara untuk TKK pada Saka Adhyasta. Masing masing Krida memiliki SKK tersendiri berikut adalah TKK yang ada pada masing masing Krida. Krida pengawasan, TKK Pengawasan Tahapan, TKK Pengolah Data & Informasi, Krida pencegahan, TKK Pencegahan Pelanggaran, TKK Peningkatan Partisipasi Masyarakat, Krida penanganan pelanggaran, TKK Penanganan Pelanggaran dan TKK Penyelesaian Sengketa.

Manurut koordinator sekertariat (KorSek) bawaslu kabupaten buol Muh .A.Singara S.ag M.si, Rabu (14/8/19) disela sela perayaan hari ulang tahun pramuka ke 58 yang dipusatkan dilapangan Desa Lamadong satu Kecamatan Momunu kapada media Indoneaiasatu.co.id menuturkan, organisasi kepramukaan merupakan sebuah kepanduan yang teritegrasi dari pusat sampai kecamatan bahkan sampai ke Desa Desa, semagat kepribadian yang baik, kedisiplinan, memupuk rasa patriotesme terhadap Bangsa dan Tanah Air yang kita cintai serta meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan YME bagi generasi bangsa khususnya generasi muda di Kabupaten Buol.

Mengenai Saka Adhyasta dirinya megugkapkan akan mempercepat pembentukannya,"Insya Allah saya dan teman teman secepatnya akan membentuk pengurus Saka Adhyasta serta akan berkoordinasi dengan Kwartir cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kab. Buol" jelasnya

Saka Adhyasta Pramuka sambung Korsek Bawaslu Kab. Buol, merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat, setiap anggota Saka Adhyasta, mendapat pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Satuan Karya ini mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu. Saka Adhyasta Kab. Buol juga berfungsi sebagai sekolah demokrasi karena mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan civic skill seperti pengorganisasian, mengadakan pertemuan, menulis gagasan, berargumentasi, berpidato, dan sebagainya, Saka Adhyasta Gerakan Pramuka Kab. Buol mempunyai pondasi yang kuat dalam mengasah civil skill seluruh anggotanya dan menumbuhkan kesadaran politik atas pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu dan menciptakan pemilu yang bebas dan adil.

Pembentukan Saka Adhyasta Gerakan Pramuka Kab. Buol, sudah mempunyai modal sosial yang kuat untuk terlibat dalam pengawasan pemilu, partisipasi dalam mengawasi pemilu merupakan sumbangsih yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan demokrasi di Indonesia, Saka adhyasta Gerakan Pramuka bisa menjadi inisiator dan pelopor bagi pemuda-pemudi bangsa, untuk menjadi relawan dalam menegakkan demokrasi. 

Gerakan Pramuka, bisa menularkan semangat kerelawanan dalam pengawasan pemilu. Satuan Karya Gerakan Pramuka Saka Adyasta Pemilu adalah salah satu satuan karya Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pengawasan pemilu untuk mewujudkan pemilu yang bebas dan adil. Adhyasta berarti penjaga, pengawal, pengaman, atau pelindung keselamatan bangsa dan negara. 

Saka Adhyasta Kab. Buol adalah kegiatan peran serta masyarakat yang berkaitan dengan pengawasan pemilu dalam rangka menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan, satuan karya ini merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu, guna menumbuhkan kesadaran berperan dalam pengawasan pemilu. tutup koordinator sekertariat Bawaslu Kabupaten Buol Muh .A.Singara S.ag M.si, 

(Fahmi Bento)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu
Media Redaksi

FAHMI

fahmi.journalist.id