Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Dukung Produksi LNG Indonesia

indonesiasatu, 14 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BANGGAI - Lapangan Senoro dan Lapangan Donggi-Matindok adalah penghasil gas bumi Indonesia yang terletak di kabupaten Banggai, provinsi Sulawesi Tengah.

Gas Senoro dan Lapangan Gas Donggi-Matindok memiliki peran penting dalam mendukung produksi gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) Indonesia.

Dua lapangan  ini memasok gas kepada Kilang LNG Donggi-Senoro, kilang LNG keempat di Indonesia. usai diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pengapalan perdana kargo LNG dari Kilang Donggi Senoro LNG berlokasi di Kabupaten Banggai, pada empat tahun silam, telah beroprasi sesuai harapan.

Kehadiran proyek LNG di kawasan ini memberikan harapan baru bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, untuk pengembangan wilayah yang masih belum berkembang secara ekonomi ini.

Tentunya, hal ini tidak terlepas dari kontribusi dua proyek hulu migas: Lapangan Senoro dan Lapangan Donggi- Matindok. Lapangan Gas Senoro berlokasi di Kecamatan Batui dan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Lapangan Gas Senoro mengoperasikan satu Central Processing Plant (CPP) dengan kapasitas produksi gas sebesar 310 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Fasilitas ini dibangun dengan investasi mencapai US$1,2 miliar.

Lapangan Gas Senoro dari atas. Fasilitas ini diproyeksi menjadi proyek infrastruktur gas terbesar di Sulawesi. Lapangan Gas Senoro mengoperasikan 12 sumur produksi dan 2 sumur water disposal.

Lapangan Gas Senoro mulai menyalurkan gas untuk Kilang LNG Donggi Senoro pada bulan Oktober 2014. Sesuai kesepakatan, Lapangan Gas Senoro akan menyalurkan 250 MMSCFD gas kepada kilang LNG Donggi Senoro.

Gas dari Lapangan Senoro juga disalurkan kepada PT PLN (Persero) dan produsen amonia PT Panca Amara Utama. Selain menghasilkan gas, Lapangan Senoro juga memproduksi kondensat.

Lapangan Gas Senoro dioperasikan oleh Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi JOB Tomori 

Total kapasitas dua CPP ini akan menghasilkan gas sekitar 105 MMSCFD dan kondensat sekitar 850 barel per hari. Investasi untuk membangun dua fasilitas ini mencapai US$762 juta. Lansekap CPP Donggi di saat senja menjelang.

CPP Donggi mencakup 8 sumur produksi dan 1 sumur injeksi air. Fasilitas ini mulai beroperasi pada April 2016 dengan rata-rata penjualan gas sebesar 54 MMSCFD. CPP Matindok terlihat dari angkasa.

CPP Matindok mencakup 7 sumur produksi dan 1 sumur injeksi air. Fasilitas ini mulai beroperasi pada April 2017 dengan produksi sebesar 39 MMSCFD. Saat ini fasilitas ini sedang dalam masa uji coba (commissioning) untuk penyaluran gas ke Kilang LNG Donggi Senoro. Pasokan gas dari CPP Donggi dan CPP Matindok sudah terkontrak dengan PT Donggi Senoro LNG sebesar 85 MMSCFD dan dengan PT PLN (Persero) sebesar 20 MMSCFD.

CPP Donggi dan CPP Matindok memiliki fasilitas lengkap untuk melakukan proses pemurnian gas mengingat gas yang dihasilkan di wilayah Banggai ini memiliki tingkat impurities (kandungan lain) yang cukup tinggi.

Lapangan Donggi-Matindok dioperasikan oleh PT Pertamina EP dengan merekrut tenaga kerja lokal melalui seleksi yang ketat. Dalam menjalankan operasinya di Lapangan Donggi-Matindok, PT Pertamina EP menggagas sejumlah kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Program ini mencakup pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan lingkungan.

Salah satu program pendidikan yang digagas di sekitar Lapangan Donggi- Matindok adalah pelatihan welder (juru las) lokal yang sudah diberikan kepada 48 orang warga setempat.

Dari sisi infrastruktur, program yang dijalankan salah satunya adalah perbaikan jalan usaha tani sepanjang 4.2 kilometer.

PT Pertamina EP juga melakukan perbaikan jalan provinsi dan kabupaten sepanjang 17,6 kilometer (Tugu-Toili-Donggi).

PT Pertamina EP juga menjalankan program pelestarian Burung Maleo yang merupakan satwa endemik Sulawesi Tengah. (fahmi)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu
Media Redaksi

FAHMI

fahmi.journalist.id